Senin, 07 Juni 2010

“The United States is unusual among the industrial democracies in the rigidity of the system of ideological control -- indoctrination, we might say -- exercised through the mass media and interest group” -Noam Chomsky-

Sistem politik Amerika Serikat merupakan sebuah sistem yang demokratis. Begitu demokratisnya, kesempatan bagi semua pihak begitu terbuka dalam penentuan kebijakan publik. Setiap stakeholder memiliki perannya masing-masing dalam memberikan warna dan kontribusi dalam demokrasi amerika serikat. Demokrasi Amerika Serikat yang memiliki filosofi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat benar-benar ingin diaplikasikan dengan begitu sempurna sehingga benar-benar memberikan ruang yang sedemikian luas bagi para stakeholder untuk menyampaikan aspirasinya demi tercapainya demokrasi yang murni.

Media menjadi salah satu entitas yang begitu esensial dalam demokrasi Amerika Serikat. Media memiliki peran yang begitu siginifikan dalam menggiring opini publik. Media memiliki pengaruh secara psikologis bagi masyarakat untuk mengkonstruksikan opini publik. Opini yang berkembang di masyarakat bisa dikonstruksikan oleh media yang kemudian bisa digunakan untuk menekan pemerintah dalam pembuatan kebijakan. Namun, tidak hanya media saja yang menjadi significant stakeholder dalam sistem politik Amerika Serikat. Peran dari kelompok-kelompok kepentingan dan kelompok penekan juga menjadi penting untuk menekan opini publik yang kemudian dapat mempengaruhi pembuatan kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah. Kelompok-kelompok kepentingan ini mewakili aspirasi yang dibawa oleh masing-masing anggota yang berada dalam kelompok tersebut hingga terbentuk suatu konsensus dari kelompok tersebut. Dengan demikian, kehadiran media dan kelompok kepentingan membuat sistem politik Amerika Serikat menjadi semakin sempurna.



Referensi :

Hays, R. Allen. Peran Kelompok Kepenting dalam Demokrasi. Office of International Information Programs : US Department of State.

Johnson, W. John. Peran Media Bebas dalam Demokrasi. Office of International Information Programs : US Department of State.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar