Jumat, 16 April 2010

“Congress in session is Congress on public exhibition, while Congress in committee rooms is Congress at work” (Woodrow Wilson)

Dalam lembaga legislatif pada sistem pemerintahan Amerika Serikat, terdapat sebuah kongres yang terbagi dalam dua bagian, yaitu senat dan lembaga perwakilan rakyat atau House of Representative. Kedua bagian legislatif ini bekerja secara sinergis dalam menciptakan kebijakan-kebijakan yang kontributif bagi rakyat Amerika Serikat.

Setidaknya hal itulah yang ingin disampaikan oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson dalam kalimatnya yang tercantum di atas. Sidang kongres yang sifatnya terbuka untuk umum, menyajikan beberapa drama dan intrik layaknya sebuah pertunjukan. Namun, dibalik proses sidang yang terbuka untuk umum itu, terdapat sebuah “drama” yang lebih besar dan fundamental yang tersaji di dalam kongres sebagai badan legislatif.

Untuk melakukan tugas-tugas legislatif mereka, para anggota senat dan dewan perwakilan dibagi menjadi beberapa komite khusus. Dalam komite itu, para senator dan perwakilan dapat melakukan proses-proses musyawarah, kompromi, bahkan lobbying untuk mencapai suatu kesepakatan yang nantinya dapat dijadikan sebagai kebijakan. Tanpa musyawarah dan kompromi tersebut, perselisihan tidak dapat diselesaikan. Koalisi dukungan pun tidak dapat dibangun, dan undang-undang tidak dapat diundangkan. Bagian kecil dari legislator ini merupakan bagian yang esensial bagi segala proses yang terjadi dalam kongres. Peran dan partisipasi dari partai baik yang mayor maupun minor ditambah dengan hadirnya beberapa kelompok kepentingan juga turut membuat atmosfer yang tersaji dalam kongres semakin hebat. Belum lagi perdebatan-perdebatan yang dilakukan oleh para legislator baik dalam perdebatan formal yang dilakukan oleh anggota dewan perwakilan hingga filibuster yang dapat dilakukan oleh anggota senat. Woodrow Wilson menganalogikan hal ini sebagai pekerjaan yang sesengguhnya bagi para legislator dalam kongres, terutama bagi para komite yang mempunyai tugas lebih dalam mengakomodasi seluruh aspirasi rakyat Amerika Serikat. Picturizing terhadap keadaan kongres dalam sebuah komite ini menunjukkan kepada kita bahwa kerja keras para legislator tersaji di sini. Semua tindakan dan perilaku para legislator dalam setiap prose s kongresional ini tidak lain untuk mencapai satu suara tentang satu atau beberapa usulan sebagai aspirasi rakyat Amerika Serikat sehingga dapat diaplikasikan dalam sebuah kebijakan yang tepat bagi rakyat Amerika Serikat.


Referensi :
Melusky, Joseph Anthony. 2000. The American Political System : An Owner’s Manual. McGraw-Hill Higher Education.

1 komentar:

  1. Mas itu beli buku american political system nya dimana ya?saya butuh sekali mas .. Kalau tidk keberatan mohon infonya ke bungaerditha28@gmail.com ya..trims

    BalasHapus